Asal-Usul dan Pengertian Halal Bihalal

USAI Idul Fitri, biasanya kita mengadakan halal bihalal. Apa makna, arti, atau pengertian halal bihalal dan bagaimana asal-usulnya? Kamus Be...

Asal-Usul dan Pengertian Halal Bihalal
USAI Idul Fitri, biasanya kita mengadakan halal bihalal. Apa makna, arti, atau pengertian halal bihalal dan bagaimana asal-usulnya?

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan halal bihahal sebagai “acara maaf-memaafkan pada hari Lebaran”. 

Menurut pakar tafsir, Prof Dr Quraish Shihab, halal bihalal merupakan kata majemuk yang terdiri atas pengulangan kata bahasa Arab halal diapit satu kata penghubung ba (baca, bi) (Shihab, 1992).

Dikatakan, meski dari bahasa Arab, yakinlah, orang Arab sendiri tidak akan mengerti makna sebenarnya halal bihalal karena istilah halal bihalal bukan dari Al-Quran, Hadits, ataupun orang Arab, tetapi ungkapan khas dan kreativitas bangsa Indonesia. 

Meski “tidak jelas” asal-usulnya, hahal bihalal adalah tradisi sangat baik, karena ia mengamalkan ajaran Islam tentang keharusan saling memaafkan, saling menghalalkan, kehilafan antar-sesama manusia.

Quraish Shihab memberi catatan, tujuan hahal bihalal adalah menciptakan keharmonisan antara sesama. Kata “halal” biasanya dihadapkan dengan kata haram. Haram adalah sesuatu yang terlarang sehingga pelanggarannya berakibat dosa dan mengundang siksa. Sementara halal adalah sesuatu yang diperbolehkan dan tidak mengundang dosa.

Jika demikian, kata pakar tafsir alumnus Universitas Al-Azhar Kairo ini, halal bihalal adalah menjadikan sikap kita terhadap pihak lain yang tadinya haram dan berakibat dosa, menjadi halal dengan jalan mohon maaf. Bentuknya (halal bihalal) memang khas Indonesia, namun hakikatnya adalah hakikat ajaran Islam.

Halal Bihalal, yaitu berkumpul untuk saling memaafkan dalam suasana lebaran, adalah sebuah tradisi khas umat Islam Indonesia. 

Menurut Drs. H. Ibnu Djarir (MUI Jateng), sejarah atau asal-mula halal bihalal ada beberapa versi. Menurut sebuah sumber yang dekat dengan Keraton Surakarta, tradisi halal bihalal mula-mula dirintis oleh KGPAA Mangkunegara I, yang terkenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa. 

Untuk menghemat waktu, tenaga, pikiran, dan biaya, maka setelah salat Idul Fitri diadakan pertemuan antara Raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana. Semua punggawa dan prajurit dengan tertib melakukan sungkem kepada raja dan permaisuri. (Dari berbagai sumber, www.risalahislam.com).*
Apa yang dilakukan oleh Pangeran Sambernyawa itu kemudian ditiru oleh organisasi-organisasi Islam, dengan istilah halal bihalal. 

Menurut Ensiklopedi Islam, 2000, hingga abad sekarang; baik di negara-negara Arab maupun di negara Islam lainnya (kecuali di Indonesia) tradisi ini tidak memasyarakat atau tidak ditemukan. Halal bihalal bukan bahasa Arab. 

Ensiklopedi Indonesia, 1978, menyebutkan halal bi halal berasal dari bahasa (lafadz) Arab yang tidak berdasarkan tata bahasa Arab (ilmu nahwu), sebagai pengganti istilah silaturahmi. Sebuah tradisi yang telah melembaga di kalangan penduduk Indonesia.
Nama

Akhlak,16,Akidah,13,Al-Quran,1,Asmaul Husna,1,Berita,3,Dakwah,4,Doa,4,Dunia Islam,5,Ekonomi,1,Ekonomi Islam,3,Fatwa,3,featured,6,Fiqih,3,Fiqih Kontemporer,1,Hadits Arbain,2,Haji,7,Ibadah,30,Iman,3,Inilah Islam,1,Kajian,21,Kajian Hadits,6,Kamus Islam,23,Khazanah,8,Khotbah Jumat,3,Khutbah Jumat,1,Konsultasi,3,Kurban,1,Media Islam,1,Menata Hati,1,Muamalah,10,Muhasabah,2,Muslimah,4,Mutiara Al-Quran,3,Mutiara Hadits,5,Mutiara Hikmah,5,Opini,9,Puasa,5,Ramadhan,42,Renungan,2,Risalah Islam,35,Shalat,1,Siyasah,7,Syiah,1,tauhid,1,Template Blog,1,Tokoh Islam,6,Umrah,1,
ltr
item
Majalah Risalah Islam Online: Asal-Usul dan Pengertian Halal Bihalal
Asal-Usul dan Pengertian Halal Bihalal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-srSjMROYgT_vIQMfuiTQnOe2oZFpa77w3rN2VdeCrEj9Xqykejzd7g7VE6Ke-yWeqefwGBz0Y-RXpHXaGhk3VnspJ-FqMQ3RBPGotHWj1inXCxk2U4TkMk8JFrGzG9GnbzKDnnCXwGQA/s1600/halal+bihalal+salaman.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-srSjMROYgT_vIQMfuiTQnOe2oZFpa77w3rN2VdeCrEj9Xqykejzd7g7VE6Ke-yWeqefwGBz0Y-RXpHXaGhk3VnspJ-FqMQ3RBPGotHWj1inXCxk2U4TkMk8JFrGzG9GnbzKDnnCXwGQA/s72-c/halal+bihalal+salaman.jpg
Majalah Risalah Islam Online
https://majalahrisalahonline.blogspot.com/2014/07/asal-usul-dan-pengertian-halal-bihalal.html
https://majalahrisalahonline.blogspot.com/
https://majalahrisalahonline.blogspot.com/
https://majalahrisalahonline.blogspot.com/2014/07/asal-usul-dan-pengertian-halal-bihalal.html
true
7544678994970154652
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy